Cara Membuat Website Sekolah Dengan Mudah Menggunakan Wordpress

Cara Membuat Website Sekolah Dengan Mudah Menggunakan Wordpress

cara membuat website sekolah
Ketik Saja - Berbagai instansi saat ini, tidak terkecuali instansi pendidikan, terus bersaing di berbagai aspek yang akan membawa nama sekolah. Website sekolah dalam hal ini menjadi salah satu kategori penting yang harus dimiliki sehingga bisa bersaing di bidang IT dengan instansi lainnya. Namun, tentu saja cara membuat website sekolah tidaklah mudah.

Ada banyak hal mulai dari persiapan hingga proses pembuatan yang perlu dipenuhi dengan baik. Nah, jika Anda berencana membuat website sekolah, tetapi tidak mahir di bidang IT, coding dan sebagainya, jangan khawatir karena jawabannya bisa Anda temukan di sini. Kali ini akan di bahas cara membuat website sekolah secara lengkap yang bisa menjadi panduan Anda.

Siapkan Data-Data Yang Perlu Dimasukkan Dalam Website

Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan data-data yang nantinya akan dimasukkan dalam website. Entah itu berupa informasi maupun akses khusus. Secara umum, ada beberapa data yang memang harus tertera dan biasa dimasukkan dalam website sekolah. Sebelum menyiapkan data-data khusus, pastikan beberapa data umum ini juga sudah siap.

Beberapa di antara data yang dimaksud adalah profil sekolah, kurikulum pendidikan, jenjang pendidikan hingga staf pengajar sekolah. Bisa juga menampilkan prestasi siswa dan guru, fasilitas sekolah, kegiatan ekstrakulikuler, dan informasi pendaftaran siswa sehingga fungsinya sebagai media promosi terpenuhi. Update blog, galeri foto, lokasi dan kontak, serta kalender akademik juga penting tercantuk di website.

Kebutuhan Dasar Pembuatan Website Sekolah

Sebelum mulai menerapkan rincian inti cara membuat website sekolah, perlu diketahui bahwa ada beberapa hal dasar yang perlu dipersiapkan. Beberapa di antaranya tidak lain berkaitan dengan domain dan hosting. Tentu saja agar kualitas website ini terangkat, tidak mungkin Anda akan menggunakan website gratisan. Karena itulah domain dan hostingnya perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

     1. Menggunakan Ekstensi Domain .Sch.Id

Biasanya, domain paling populer digunakan adalah .com. Namun, berbeda jika website ini digunakan untuk instansi pendidikan. Ada ekstensi khusus berupa domain .sch.id. Domain ini bisa Anda dapatkan dengan sangat murah, dibawah 100 ribu.

Setiap tahun ekstensi domain tersebut harus diperbaharui sehingga bisa tetap aktif. Sedangkan untuk pembeliannya, ada syarat khusus berupa KTP penanggung jawab untuk seluruh jenis instansi pendidikan. Selain itu dibutuhkan juga surat permohonan dari kepala sekolah untuk sekolah resmi dan SK lembaga terkait untuk sekolah non formal.

      2. Menentukan Server Hosting

Selain domain, hosting adalah kebutuhan mendasar dalam pembuatan website. Di sini Anda bebas memilih salah satu penyedia hosting yang ada. Namun, pastik an penyedia ini menawarkan hosting yang responsif dan bisa diandalkan. Dengan begitu website sekolah Anda pun memiliki kualitas yang lebih bagus.

      3. Masuk Melalui cPanel

Setelah menemukan server hosting yang cocok, maka Anda bisa langsung login cPanel untuk mulai mengatur website. Setiap penyedia hosting, biasanya memiliki ketentuan sendiri berkaitan dengan login cPanel tersebut. Dalam langkah ini Anda bisa mengikuti panduan dari server hosting yang sudah dibeli sebelumnya.

Mulai Instal Wordpress Dan Pilih Plugin

Setelah berhasil masuk halaman c-panel, maka Anda perlu melakukan instalasi wordpress terlebih dahulu dalam serangkaian cara membuat website sekolah kali ini. Wordpress dalam hal ini menawarkan kemudahan bagi para pengguna sehingga Anda bisa mengakses dan mengatur website dengan mudah. Di sana Anda juga bisa memasang beberapa plugin yang dibutuhkan. Selain di wordpress, kalian juga bisa menggunakan server hosting blogspot.

     1. Cara Instalasi Wordpress Singkat

Untuk menginstal wordpress, jangan lupa bahwa Anda perlu berada dalam halama cPanel. Kemudian silahkan cari menu Softacolous yang terdapat pada bagian sorftware services. Jika softacolus belum ada, silahkan instal secara manual. Dalam Softacolous ini Anda akan menemukan beberapa daftar aplikasi yang support untuk diinstal dan digunakan dalam website.

Selanjutnya, Anda akan masuk pada halaman yang menyajikan deskripsi tentang wordpress sendiri. Di sana ada menu install dan Anda tinggal klik menu tersebut. Langkah selanjutnya, akan muncul beberapa kolom yang harus diisi sesuai kebutuhan.

Pada beberapa kolom tersebut Anda perlu mengisinya secara lengkap. Namun, ada beberapa kolom yang lebih baik untuk dikosongkan atau tidak perlu diubah. Di antaranya adalah In Directory, Enable Multisite, Auto upgrade, Atomated Backups dan Backup Rotation.

      2. Memasang plugin untuk website sekolah

Sebagaimana disebutkan bahwa di wordpress ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan. Plugin ini dipasang dalam rangka memudahkan aktivitas Anda selama proses pengelolaan website dan. Sedangkan berkaitan dengan website sekolah, perlu dikethui juga bahwa ada beberapa plugin khusus yang bisa digunakan.

Salah satu jenis plugin penting yang perlu Anda pasang di sini adalah WP School Plugin. Plugin tersebut fungsinya untuk menampilkan kalender akademik. Ada juga plugin yang berfungsi untuk menampilkan album foto kegiatan-kegiatan di sekolah. Namanya adalah plugin Envira Gallery.

Masih ada beberapa plugin lain yang juga bisa digunakan. Di antaranya seperti WP Google Maps untuk menampilkan titik lokasi instansi sekolah Anda, dan WPForms yang bisa dimanfaatkan sebagai penampil kontak. Untuk menampilkan daftar staf maupun pengajar, bisa menggunakan plugin Simple Staff List. Plugin The Events Calender bisa digunakan untuk tampilkan agenda kegiatan sekolah.

Terakhir, bagi yang ingin menggunakan website berfungsi untuk e-learning, bisa menggunakan pkugin seperti Sensei atau TeachPress. Sedangkan untuk memasang plugin sediri, Anda bisa masuk ke melihat menu-menu di wordpress. Cari menu plugin lalu klik dan cari plugin apa yang Anda butuhkan.

Pilih Tema Untuk Website Anda

Cara membuat website sekolah yang terakhir adalah memilih tampilan untuk website. Untuk mendukung penampilannnya menarik, maka Anda perlu memilih tema paling menarik juga. Dalam hal ini ada dua jenis tema secara umum yang bisa Anda gunakan.

      1. Tema gratis

Ada banyak tema gratis yang tersedia di Wordpress dan bisa Anda gunakan kapan saja. Tentu saja tema gratis ini beberapa di antaranya sudah memiliki tampilan yang sangat memadai. Bahkan, ada juga yang terbilang profesional dan bisa diandalkan. Namun, memang pilihannya terbatas.

     2. Tema premiun
Jika ingin menggunakan yang lebih profesional dengan pilihan tidak terbatas, Anda bisa membeli tema premium. Dengan tema premium, kualitas website pun lebih tinggi lagi. Hanya saja, pertimbangannya adalah, Anda perlu mengeluarkan lebih banyak budget dalam pembuatan website untuk hal tersebut.

Selanjutnya, untuk memasang tema Anda bisa menginstallnya secara online di menu Appearance. Pemasangan tema bisa juga melalui upload via Wordpress melalui fitur Add Themes yang sudah tersedia. Cara terakhir bisa juga dengan upload tema melalu cPanel.

Ketika langkah-langkah yang disajikan dalam panduan cara membuat website sekolah menggunakan Wordpress di atas sudah tuntas, maka website pun sudah siap. Anda sebagai pengelola website sekolah tersebut bisa langsung memasukkan data-data yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah itu, sebarkan link website sehingga mereka yang membutuhkan akses bisa langsung terhubung.

tutorial

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Cara Membuat Website Sekolah Dengan Mudah Menggunakan Wordpress"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Pemberi Jejak
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel